Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pengertian dan Prinsip Kerja Generator AC dan DC

Generator adalah sebuah alat atau mesin yang dapat mengubah energi mekanik atau gerak menjadi energi listrik. Sedangkan menurut wikipedia, generator listrik adalah sebuah alat yang dapat memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik dengan menggunakan induksi elektromagnetik.

Pastinya banyak dari anda semua yang belum tahu apa perbedaan motor dan generator. Walaupun keduanya memiliki prinsip kerja yang sama, namun motor merupakan kebalikan dari generator. Motor mengubah energi listrik menjadi energi gerak, sebaliknya generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Pengertian Generator 

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa generator merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah energi gerak atau mekanik menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Generator dapat diibaratkan sebagai pompa air yang hanya membuat aliran air, tapi tidak menciptakan air yang ada di dalamnya. Artinya, generator hanya sebagai alat pendorong muatan listrik melalui sirkuit yang tersedia. Generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada pada kabel lilitannya. Perlu diketahui bahwa ilmuan yang membuat generator elektromagnetik pertama di dunia adalah Michael Faraday pada tahun 1831 sampai dengan tahun 1832.

Prinsip Kerja Generator 

Prinsip kerja dari generator listrik sebenarnya cukup sederhana. Generator bekerja sesuai hukum faraday yakni apabila suatu penghantar diputar dalam sebuah medan magnet hingga memotong garis gaya magnet (GGM), maka akan menimbulkan garis gaya listrik (GGL) dalam satuan volt pada ujung penghantar tersebut.

Prinsip Kerja Generator AC

Prinsip kerja dari generator AC sebenarnya tidak jauh berbeda dari generator DC. Hanya saja generator AC menggunakan sebuah komponen yang membuat arus listrik menjadi bolak-balik, sehingga membuatnya berbeda dari generator DC. Komponen tersebut adalah slip ring yang memiliki bentuk lingkaran penuh.





Prinsip Kerja Generator DC 



Generator DC memiliki komponen sama dengan komponen yang ada pada motor listrik DC. Hanya saja generator DC menggunakan sebuah komponen yang membuat arus listrik menjadi searah, sehingga membuatnya berbeda dari generator AC. Komponen tersebut adalah slip ring yang memiliki bentuk lingkaran belah. Demikian sedikit informasi mengenai pengertian dan prinsip kerja generator AC dan DC. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik berikutnya hanya di sini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian dan Prinsip Kerja Generator AC dan DC di blog INTERGEN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com